Powered By Blogger

Thursday, September 4, 2014

Back to Nature


 Sungguh indah Biodiversitas yang dimiliki Indonesia, sungguh kaya Indonesia akan kenekaragaman hayati. Hal ini saya buktikan ketika mengikuti “Pengenalan Kehidupan Alam” yang diselenggarakan di Coban Rondo ,Batu, Malang. Program ini merupakan puncak dari serangkaian pendidikan dan latihan (diklat) yang diikuti oleh semua mahasiswa baru Jurusan Biologi 2012  untuk bergabung menjadi anggota aktif di Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (HIMABIO) Universitas Brawijaya. Program ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari 9 sampai 11 November 2012.
Jumat (9/11)  program ini secara resmi dibuka oleh ketua jurusan prodi Biologi Bapak Widodo S.Si.,M.Si.,Ph.D.Med.Sc. ”Alam itu mepunyai perasaan, jadi bersikaplah sebagaimana mestinya” ujar pak wid sebelum keberangkatan menuju Coban Rondo. perjalanan menuju Coban Rondo menggunakan mobil terbuka (Truck) sehingga saya dapat melihat indahnya kota Batu secara langsung, bukit-bukit hijau nan indah masih tertata rapi  ,sautan bunyi serangga juga mengisi perjalanan ke coban rondo , inilah suguhan alam yang dipersembahkan kepada manusia. sesampainya di Coban Rondo , Rombongan Masih harus mendaki  untuk mencapai bumi perkemahan yang masih ada di atas bukit, dan “Amazing!!” ternyata panorama diatas bukit  Perkemahan Sungguh Sangat lebih indah dibandingkan dengan pemandangan selama perjalanan, pepohonan nan hijau disertai tebing yang tertata serta bukit-bukit yang berbaris mengelilingi tempat perkemahan, ampuh memmbuat fikiran kebali fresh. Program Pengenalan Kehidupan Alam ini diisi dengan berbagai sub acara diantaranya Tracking malam, penjelajahan serta Outbound , sebagai mahasiswa Biologi sudah sewajarnya untuk menyatukan diri dengan alam, karena alam dan Biologi bagaikan keping mata uang yang tak bisa terpisahkan.
Alam adalah anugerah terbesar yang diberikan tuhan kepada manusia oleh karena itu selayaknya sebagai manusia kita harus menjaganya dan tidak boleh sekali-kali merusaknya, jika diibaratkan, alam itu seperti seorang kekasih jika kita selalalu memperhatikan dan menjaganya maka alam pun akan jauh lebih memberikan timbal balik yang sangat besar baik itu dari panorama yang begitu indah maupun sumber daya alam yang melimpah sehingga kita bisa menikmatinya lebih dalam. Marilah kita perhatikan alam kita yang mulai terancam dan tercemar, jadikan alam sebagai kekasih kita , mari kita mulai dari hal-hal yang sangat kecil dengan membuang sampah pada tempatnya. Minggu (11/11) program “Pengenalan Kehidupan Alam” secara resmi ditutup oleh ketua Himpunan  Mahasiswa Jurusan Biologi (HIMABIO) Universitas Brawijaya ,Zidny Furaidah dengan pemasangan emblem di lengan kanan jas almamater. Kesan yang disuguhkan alam dengan keindahannya merupakan hal yang sangat indah untuk dikenang selain itu kebersamaan dengan teman seperjuangan merupakan hal yang tak kalah berkesan dibandingkan dengan yang lainnya. Safe out nature !!

Oleh: Hadiatullah
Mahasiswa jurusan Biologi 2012

Universitas Brawijaya Malang 

No comments:

Post a Comment